(061) 7883991 | 0877 6644 8555 stims@stimsukmamedan.ac.id
Share Postingan Ini di Social Media Kamu ya,

Meningkatkan kolaborasi sosial melalui outing class interaktif bagi pelajar adalah langkah yang bagus untuk mengembangkan keterampilan sosial, pemahaman budaya, dan hubungan antar individu di antara pelajar. Outing class adalah kesempatan untuk belajar di luar kelas, yang dapat mencakup kunjungan ke tempat-tempat menarik, proyek bersama, atau aktivitas sosial. Selain itu, tujuan lain dari outing class untuk mengenalkan pelajar pada lingkungan baru, tetapi juga untuk mempromosikan kolaborasi sosial, pemahaman budaya, dan pengembangan keterampilan interpersonal.

Sosial Outing Class Interaktif

Forum kerjasama perguruan tinggi (FKPT) melaksanakan kolaborasi pengabdian masyarakat perguruan tinggi Politeknik Tuanku Sultan Bahiyah Malaysia dalam melakukan pengabdian masyarakat internasional. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat internasional ini juga diikuti oleh beberapa perguruan tinggi yang ada di Sumatera seperti dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma, Politeknik Cendana, Universitas Harapan Medan, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Akademi Farmasi YPPM Mandiri Banda Aceh, STIE Muhammadiyah Asahan dan Universitas Budi Darma.

Sosial Outing Class Interaktif

Pembelajaran di pesantren bukanlah satu-satunya bekal bagi pelajar untuk terjun ke Tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti. Salah satu alternatif yang perlu dipahami adalah mencari wawasan dan terjun langsung ke tengah aktivitas masyarakat yang mempunyai korelasi dengan ilmu yang sedang dipelajari pelajar bersangkutan. Setiap perkembangan di sekitar selalu menutunt pelajar untuk tanggap dan peka terhadap informasi yang didapat. Oleh sebab itu, selayaknya siswa memahami segala fenomena yang muncul di tengah masyarakat.

Dengan cara ini, pelajar semakin bertambah wawasan pengetahuan dan penalaran karena pelajar dapat membandingkan teori di pesantren dengan dunia nyata. Outing class yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Syaifullah An Nahdliyah. Kegiatan outing class ini dibawakan langsung oleh salah satu dosen STIM Sukma Medan yaitu Bapak Husni Mubarak, SE., MMHusni Mubarak, SE, MM, CH, CHt Dosen STIM Sukma, Motivator & pakar Hypnotherapi. Selama mengikuti outing class semua peserta antusias melaksanakan kegiatan yang disampaikan oleh pemateri. Meningkatkan kolaborasi sosial melalui outing class interaktif adalah langkah yang baik untuk mengembangkan keterampilan sosial dan keterampilan hidup bagi pelajar di Pondok Pesantren Modern Syaifullah An Nahdliyah.

Berdasarkan perihal di atas maka tim pengabdian masyarakat melaksanakan pengabdian dengan tema “Meningkatkan Kolaborasi Sosial Melalui Outing Class Interaktif Bagi Pelajar Pondok Pesantren Modern Syaifullah An Nahdliyah”.

Aktivitas PKM dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Syaifullah An Nahdliyah. Kegiatan PKM dimulai pada pukul 09.00 yang dibuka oleh Bapak Mesran., M.Kom dengan sambutan dari kepala Pondok Pesantren Modern Syaifullah An Nahdliyah oleh Kyai Amir Panatagama. Selanjutnya siswa diarahkan untuk mengikuti PKM ini dengan baik oleh kepala sekolah. Antusias siswa sangat terlihat keterlibatan seluruh siswa dalam PKM ini. Secara keseluruhan kegiatan PKM berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan. Karena terlihat dari ekpresi seluruh siswa yang telibat dalam kegiatan PKM. Siswa sangat senang dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model outing class. Dapat dilihat siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan outing class. Walaupun dalam PKM ini tidak dilakukan sampai pengukuran kognitif siswa, tetapi data motivasi sudah bisa mengindikasikan bahwa nilai kognitif siswa berbanding lurus dengna motivasi siswa. Semakin tinggi motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran bisa berimplikasi pada meningkatnya nilai kognitif siswa.

kata kunci : Sosial Outing Class Interaktif

kunjungi : www.stimsukmamedan.ac.id

Daftar Online : spmb.stimsukmamedan.ac.id

×

Hai!

Selamat datang di Situs Website STIM SUKMA MEDAN, klik pada salah satu Tim Support kami dibawah ini, untuk berkomunikasi dengan kami via WhatsApp atau email Kami ke stimsukma1@gmail.com & stims@stimsukmamedan.ac.id.

× Hai! Butuh Bantuan?