(061) 7883991 | 0877 6644 8555 stims@stimsukmamedan.ac.id
Share Postingan Ini di Social Media Kamu ya,

STIM SUKMA MEDAN – Akhirnya Program Wirausaha Merdeka yang diikuti oleh hampir 300 mahasiswa/i dari berbagai kampus di Sumatera Utara berakhir pada Senin (11/12/2023) di gedung FIKTI lantai 7 kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Dan pengumuman kategori-kategori dari seluruh peserta program yang tahun ini bertema ‘Smart Enterprenuership’ Society, Meaningful, Adaptive, Rich, Technology Based’ pun diumumkan seperti tahun sebelumnya. kata kunci : juara satu wirausaha merdeka

Dan salah satu dari kategori yaitu Rumah Kreatif berhasil diraih Muammar Hamzah, salah seorang mahasiswa berprestasi dari kampus STIM Sukma Medan. Dan bersama mahasiswanya lainnya dari kampus UMSU yang melakukan pemagangan bersama selama 5 bulan sejak 15 September 2023 di Batik Medan Az-Zahra, Muammar yang mantan Duta Wisata Kabupaten Asahan 2022-2023 berhasil menyabet juara 1. Ini sungguh prestasi yang sangat membanggakan.

Dipersaksian Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Naslindo Sirait yang baru dilantik, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Prof.Dr. Muhammad Arifin, SH.M Hum dan juga Ketua Program Wirausaha Merdeka Angkatan II sekaligus Ketua Pusat Kewirausahaan Inovasi dan Inkubator Bisnis (PUSKIIBI) UMSU, Dewi Andriany, S.E., M.M, tampak seluruh peserta program berbahagia dan bergembira bersama.

Program Wirausaha Merdeka merupakan program yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Intinya agar mahasiswa/i menjadi manusia yang berjiwa kreatif, inovatif, sportif dan wirausaha. Selama 5 bulan, para mahasiswa/i belajar kewirausahaan dari para Mentor yang terdiri dari para Dosen/Praktisi Kewirausahaan yang dipilih dan terpilih.

Program Wirausaha Merdeka memiliki 3 tahapan di antaranya Pre Immersion yakni mahasiswa dibekali berbagai ilmu pengetahuan mengenai bisnis idea, model bisnis, validasi pasar, dan sistem keuangan dalam berwirausaha dengan pengajar berpengalaman baik akademisi dan praktisi.

Lalu Immersion yaitu mahasiswa belajar langsung di lokasi wirausaha mitra dengan didampingi dosen pendamping dan para coach.

Terakhir, post immersion berupa bootcamp intensif, pembuatan prototipe produk, demo day. Diakhir program, jika mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian, maka mahasiswa akan dinilai oleh evaluator dan capaiannya dikonversi sebanayk 20 SKS. Dari 34 perguruan tinggi penyelenggara Program Wirausaha Merdeka di Sumatera Utara adalah UMSU yang terpilih. Peran serta UMSU sebagai perguruan tinggi yang menjadikan program wirausaha merdeka sebagai gerbang bagi seluruh mahasiswa untuk melakukan kegiatan di luar program studi kiranya menjadi inspirasi.

kata kunci : juara satu wirausaha merdeka

Penulis : yan juna staff public relation

kunjungi : stimsukmamedan.ac.id

daftar online di : spmb.stimsukmamedan.ac.id

×

Hai!

Selamat datang di Situs Website STIM SUKMA MEDAN, klik pada salah satu Tim Support kami dibawah ini, untuk berkomunikasi dengan kami via WhatsApp atau email Kami ke stimsukma1@gmail.com & stims@stimsukmamedan.ac.id.

× Hai! Butuh Bantuan?