(061) 7883991 | 0877 6644 8555 stims@stimsukmamedan.ac.id

Adalah Thomas Cook, seseorang berkebangsaan Inggris yang pertama kali mengembangkan usaha perjalanan wisata pada tahun 1872 di Kota Leicester, Inggris. Dari sinilah awal mula cikal bakal agen perjalanan wisata pertama di dunia yang hingga akhirnya menjadi tonggak sejarah lahirnya usaha perjalanan wisata dalam dunia pariwisata. Thomas Cook lahir di Kota Derbyshire, Britania Raya,  Inggris pada 22 November 1808. Beliau meninggal pada 22 November 1892 atau tepatnya pada usia 83 tahun di Kota Knighton, Inggris.

Awal mulanya Thomas Cook membuka kantor pertama biro perjalanannya di ibu kota negara Inggris saat itu tepatnya di Fleet Street, London. Pada masa itu kantor tersebut menjual berbagai aksesoris perjalanan penting termasuk buku panduan wisata, koper, teropong teleskop dan lainsebagainya. Lalu pada akhirnya Thomas Cook membentuk sebuah usaha kemitraan bersama anak lelakinya yang bernama John Mason Andrew Cook.

Gambar : Travel Agent Pertama di dunia Thomas Cook & Son

Sumber : Ensiklopedia

Thomas Cook saat itu mendirikan agen perjalanan wisata ketika ia melakukan sebuah perjalanan dari Market Harborough ke Kota Leicester untuk menghadiri pertemuan masyarakat (Temperance Movement) untuk membahas mengenai pengunaan alkohol yang merugikan dan dianggap sebagai salah satu penyebab dari berbagai permasalahan sosial yang timbul di kehidupan masyarakat. Thomas Cook melakukan perjalanan menggunakan kereta api Midland Counties Railway dari Stasiun Kereta Api Leicester ke Loughborough yang saat itu hanya berjarak sekitar 18 kilometer, dimana jalur kereta ini baru diresmikan. Pada saat itu beliau melakukan perjalanan dengan membawa sekitar 500 orang pada kampanye gerakan Temperance Movement serta melakukan pengaturan perjalanan yang dilakukan olehnya sendiri, dengan masing-masing peserta membayar satu shilling untuk perjalanan kereta api pulang pada perjalanan pertama mereka.

Acara perjalanan tersebut berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang hangat dari para peserta perjalanan. Oleh karena itu, Thomas cook dianggap sebagai pengatur perjalanan wisata pertama di dunia. Pada tahun 1865. Pada acara tour tersebut Thomas Cook mendapatkan komisi sebesar 5% dari harga penjualan tiket kereta api dan sistem ini kemudian menjadi awal mula penggunaan sistem komisi dalam dunia travel agent atau usaha perjalanan wisata.

Ditulis Oleh : Agus Setiono

(Disadur dari :  Buku Manajemen Usaha Perjalanan Wisata, Tulisan 1)

 

×

Hai!

Selamat datang di Situs Website STIM SUKMA MEDAN, klik pada salah satu Tim Support kami dibawah ini, untuk berkomunikasi dengan kami via WhatsApp atau email Kami ke stimsukma1@gmail.com & stims@stimsukmamedan.ac.id.

× Hai! Butuh Bantuan?