PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada para mahasiswa agar dapat mengubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) serta menjadi calon/pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

PMW sebagai bagian dari strategi pendidikan kewirausahaan di Perguruan Tinggi, dimaksudkan untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha dan memulai usaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Fasilitas yang diberikan meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan dan pendampingan serta keberlanjutan usaha.

Dalam kurun waktu empat tahun mahasiswa STIM Sukma Medan telah berhasil meraih kesempatan pendanaan program mahasiswa sebesar Rp. 130.985.000,- diantaranya :

PMW Tahun 2015, unit usaha Puding Ice Cream, pendanaan sebesar Rp. 23.985.000,-

PMW Tahun 2014, unit usaha marone chocolate, pendanaan sebesar Rp. 24.000.000,-

PMW Tahun 2013, unit usaha silau loundry, pendanaan sebesar Rp. 40.000.000,-

PMW Tahun 2011, unit usaha Fotocopy, Pendanaan sebesar Rp. 43.000.000,-

Menurut Ketua STIM Sukma Wardayani, SE, M.Si Program sinergi antara Kemenristekdikti, Kopertis dan Perguruan Tinggi ini sangat baik dalam meningkatkan kemandirian Mahasiswa dalam mempersiapkan masa depan mereka. Program ini juga diharapkan mampu mendukung visi-misi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan.

Menjadi seorang pengusaha kini bukan hanya sekedar mimpi, melalui program PMW ini setiap mahasiswa dapat mewujudkan impian mereka sebagai seorang entrepreneur sedini mungkin, dan dengan berkembangnya unit usaha mereka, mereka bukan lagi para pencari lapangan kerja tetapi penyedia lapangan kerja, tambah Rahmat Hidayat, SE, M.Si selaku wakil ketua I didampingi Riandani Rezki Prana, SEI, M.Si dan Edi Winata, SE, MM selaku Ketua Prodi S1, dan Ketua Prodi D3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *